Find your enjoyments! - Contact us: +6283833301689, Caroline. Thanks.
New YearNew YearNew YearNew YearNew Year
Photobucket

Kepulauan Raja Ampat, Surga Diving Kelas Dunia di Indonesia

Para pelancong yang ingin pergi ke Kepulauan Raja Ampat, Indonesia, rajin-rajinlah membuka situs jalur pesawat ke Kota Sorong.


Dari Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, Anda bisa berjalan kaki keluar bandara. Di luar bandara akan dijumpai jalan utama menuju Kota Sorong dan pelabuhannya. Di pelabuhan, Anda bisa naik kapal rakyat menuju Kepulauan Raja Ampat. Perjalanan dengan kapal rakyat dari Sorong menuju Kepulauan Raja Ampat perlu waktu sekitar dua jam.

Di Waisai, Pulau Waigeo, ibu kota Kepulauan Raja Ampat, Anda bisa mencari hotel-hotel dengan harga Rp 300.000-Rp 400.000 per malam. Untuk keperluan diving dan eksplorasi berlayar ke pulau-pulau Raja Ampat, Anda bisa menyewa perahu penduduk asli.

Perjalanan menuju pulau-pulau Raja Ampat terasa mistis dan sakral, karena lokasinya yang terpencil di antara tebing-tebing setinggi gedung 40 lantai yang mencuat dari permukaan laut bagai menggapai langit. Tebing-tebing ini terlihat seperti jamur-jamur raksasa yang terapung di atas laut. Di sini, Anda akan merasa seperti berada di lokasi imajinasi tempat pengambilan gambar film Jurassic Park.


Sesampainya di pulau-pulau Raja Ampat, Anda akan dibuat kagum dengan pasir putih, air laut yang bening, karang laut, dan ikan yang berwarna-warni. Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat memang tempat paling ideal untuk wisata bahari di Indonesia saat ini. Indahnya pemandangan di Kepulauan Raja Ampat, dapat menghipnotis para wisatawan yang berkunjung ke sana.


Selama ini, Kepulauan Raja Ampat lebih dikenal untuk wisata bahari olahraga diving. Padahal, bagi wisatawan dalam negeri bisa juga menikmati wisata bahari dengan berjalan-jalan dengan menyewa speedboat di antara pulau-pulau kecil yang jumlahnya sekitar 700 pulau itu.

Dengan speedboat, Anda bisa berlayar di sela pulau-pulau kecil tesebut. Kapal Anda bisa berlayar menyelip di antara pulau-pulau kecil yang indah dan menakjubkan. Ada sensasi tersendiri apabila kapal yang ditumpangi menyelip di antara pulau-pulau kecil ini, karena indahnya pemandangan apabila difoto dari jarak jauh.

Bentangan alam di Kepulauan Raja Ampat didominasi pulau-pulau dan perairan. Ada ratusan pulau di sana, yang uniknya rata-rata berbentuk gunung-gunung kecil berwarna hijau pepohonan dan batu-batu karang yang diantaranya berbentuk lancip. Salah satu di antaranya berbentuk pensil sehingga disebut Pulau Pensil.

Salah satu pulau yang juga dapat disinggahi adalah Pulau Sorido. Di Sorido terdapat pantai dengan pasir putihnya yang bersih dan air laut yang bening. Di kawasan pulau ini, terdapat banyak pohon "pandan bali" yang lebat, tua, dan kokoh. Dari dermaganya, Anda bisa melihat pemandangan pulau-pulau kecil yang terhubung dengan air laut yang indah sekali, apabila langit sedang cerah. Batu-batu karang dan ikan berwarna-warni dapat Anda lihat langsung dengan mata telanjang, tanpa perlu bantuan teropong.

Keunikan lainnya yang dapat dijumpai adalah berjalan menembus hutan lebat di pulau ini. Namun sebelum itu, sebaiknya Anda mengoleskan lotion anti nyamuk di seluruh tubuh. Jika beruntung, menjelang malam, Anda dapat menikmati tarian dan nyanyian dari burung cendrawasih yang entah dari mana datangnya. Anda akan terhipnotis dengan atraksi mereka di hutan ini, yang tak ubahnya panggung pertunjukan yang sangat eksklusif. Sungguh pengalaman yang sangat langka dan berharga dapat menyaksikan nyanyian dan tarian mereka, yang hanya satu-satunya di dunia itu.

Sekedar tip jika mengunjungi Kepulauan Raja Ampat, minumlah pil anti malaria dua pekan sebelum dan selama berada di lokasi. Selain itu, gunakanlah celana panjang saat trekking di hutan, karena nyamuk di sana sangat banyak.