Find your enjoyments! - Contact us: +6283833301689, Caroline. Thanks.
New YearNew YearNew YearNew YearNew Year

Tradisi dan Ritual "Tahun Baru" di Tokyo

Tokyo adalah kota terpadat di Jepang yang terletak di wilayah Kanto di sebelah tenggara Pulau Honshu. Pada perayaan tahun baru, kota ini biasanya sangat ramai dan semarak dipenuhi berbagai macam orang. Namun, para turis jangan kecewa karena banyak tempat tujuan wisata menarik yang tutup mulai dari tanggal 29 Desember sampai 4 Januari. Meskipun begitu, restoran, kafe, bar, dan karaoke tetap buka seperti biasanya.


Pada malam pergantian tahun, Tokyo akan berubah menjadi lautan percikan kembang api dengan orang-orang yang asyik bernyanyi dan menari. Tempat paling populer masyarakat Tokyo untuk merayakan malam tahun baru adalah Tokyo Tower.

Tradisi khas masyarakat Tokyo lainnya adalah berdoa di kuil, menyantap Toshikoshi Soba (mie tahun baru), dan mendengarkan Juya No Kane, lonceng penjaga malam yang akan dibunyikan sebanyak 108 kali. Tentu tradisi-tradisi ini, mempunyai arti-arti tertentu menurut kepercayaan masyarakat di sana.

Pada setiap tanggal 1 Januari, biasanya masyarakat di Ibukota Jepang itu melakukan hatsumode, yaitu acara kunjungan pertama kali ke kuil di hari pertama tahun baru. Anda dapat menyaksikan berbagai macam orang yang antri dan berdiri untuk berdoa alias bersembahyang. Kuil yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi di Tokyo adalah Kuil Meiji yang mampu menarik lebih dari satu juta pengunjung selama minggu pertama tahun baru saja.

Tradisi lainnya adalah masyarakat setempat akan mengunjungi istana kerajaan yang hanya dibuka untuk umum dua kali dalam setahun, yaitu tanggal 2 Januari dan 23 Desember (ulang tahun kaisar). Pada 2 Januari, kaisar dan keluarga akan tampil di muka umum di balkon istana untuk melambaikan tangan, mengucapkan selamat tahun baru, dan sedikit pidato kepada rakyatnya.